Pilihan Ganda Pilihlah salah satu jawaban A, B, C, D, atau E
yang benar pada soal berikut:
1. Dalam menyusun suatu program,langkah pertama yang harus
di lakukan adalah :
A.
Membuat program
B.
Membuat Algoritma
C .
Membeli komputer
D.
Proses
E.
Mempelajari program
2.
Sebuah prosedur langkah demi langkah yang pasti untuk menyelesaikan sebuah
masalah di sebut :
A.
Proses
B.
Program
C.
Algoritma
D.
Step
E.
Diagram
3. Pseudocode yang di gunakan pada penulisan algoritma
berupa :
A.
Bahassa Inggris
B.
Bahasa Puitis
C.
Bahasa pemograman
D.
Sembarang bahasa asal terstruktur
E.
Bahasa Mesin
4. Pada pembuatan program komputer, algoritma dibuat :
A.
Sebelum pembuatan program
B.
Pada saat program dibuat
C.
Sesudah pembuatan program
D.
Pada saat verifikasi program
E.
Pada saat di jalankan
5. Tipe data yang bisa menampung data berupa karakter atau
kata – kata adalah …
A.
Huruf
B.
double
C.
Integer
D.
String
E.
Real
6. Nama variabel berikut ini yang benar adalah …
A.
NamaGuru
B.
Alamat Guru
C.
alm gr
D.
sts/status
E.
tpt.tgl
7. Tipe data yang cocok untuk menyimpan data nama siswa adalah
…
A.
Numeric
B.
Character
C.
Date/Time
D.
Array
E.
Integer
8. Nama lain dari flowchart adalah ….
A. Algoritma B.
Alur C. Bagan alir D.
Tree E. Diagram
9.
Tipe data yang mampu menampung banyak data dengan tipe data yang berbeda-beda
adalah tipe data …
A. Array
B. String
C. Record
D. Subrange
E. Character
A. Variabel yang nilainya bersifat tetap dan bisa diubah-ubah*
B. Variabel yang nilainya bersifat tetap dan
tidak bisa diubah-ubah
C. Nilai dari suatu
variabel
D. Variabel yang selalu membutuhkan masukan/inputan dari user
E. Variabel yang nilainya
kosong
11. Jika
ingin mengisi nilai pada varibel seperti foto keluarga, maka tipe data yang
Digunakan adalah jenis ….
A. Gambar/image
C. Record
E. Char
B. Array
D. Boolean
12. Bilangan genap adalah bilangan yang jika
dibagi dua, sisanya …..
A. 4
B.
3
C. 2
D.
1
E. 0
13. Penulisan
algoritma yang menggunakan sintaks (cara penulisan) yang
menyerupai bahasa pemrograman disebut …..
A. Flowchart B. Data
flow C. Coding D. Pseudocode E.
Aplikasi
14. Bilangan ganjil
adalah bilangan yang jika dibagi dua, sisanya .….
A. 0
B. 1
C. 2
D. 3
E.
15. Variabel
yang nilai bersifat berubah-ubah, dapat di isi dan dikosongkan adalah ….
A. Algoritma B.
Konstanta C. Variabel
D. String
E. Boolean
16. Variabel
logika yang berhubungan dengan operator OR, AND, dan NOT
merupakan variabel dengan tipe data ….
A. Array
B.
Numerik C. String
D. Boolean* E.
Algoritma
17. Tipe data yang memungkinkan
sebuah variabel mengandung banyak nilai dalam satu waktu dan bersifat homogen
adalah ..…
A. Algoritma B.
Konstanta C.
Array* D.
String E. Boolean
18. Yang
menunjukkan awal dan akhir pada sebuah flowchart, adalah .....
A. Data Flow B.
Data C.
Terminator* D. Decision
E. Process
19. Merupakan
algoritma yang dinyatakan dalam diagram dengan bentuk-bentuk
tertentu, adalah pengertian dari .....
A. Algoritma
C. Pseudocode
E. Konstanta
B. Array
D. Flowchart*
20. Berfungsi untuk
memberi nilai awal, nilai akhir, penambahan/pengurangan suatu
variabel counter,
adalah .....
A. Terminator
C.
Process
E.
Preparation*
B. Decision
D. Arrows
21. Bentuk belah
ketupat pada diagram flowchart diberi nama .....
A. Data Store
C.
Connector
E. Decision*
B. Process
D.
Terminator
22. Merupakan
tempat menampung dan menyimpan satu atau lebih nilai, adalah
pengertian dari …..
A. Variabel* B. Konstanta
C.
Numerik D.
String E. Boolean
23. Merupakan tipe
data yang biasa di proses dalam perhitungan matematika,
adalah
pengertian …..
A. Variabel B.
Konstanta C.
Numerik D.
String E. Boolean
24. Dibawah ini
aturan-aturan dalam penulisan variabel, kecuali …..
A. Nama variabel tidak boleh menggunakan kata-kata kunci
B. Nama variabel tidak boleh mengandung karakter-karakter khusus
C. Nama variabel harus diawali dengan angka*
D. Nama variabel harus diawali dengan huruf
E. Tidak boleh menggunakan spasi
25. Tipe data yang cocok untuk menjelaskan data
tanggal lahir adalah menggunakan tipe data …..
A. Numeric
C. Date time*
E. Integer
B. Varchar
D. Array
26.
Algoritma harus dapat dijangkau oleh akal fikiran kita. Hal ini menyatakan
bahwa algoritma harus memiliki sifat ...
A.
Cepat B. Rumit
C. Logis* D.
Berurutan E.
Realistis
27.Jenis
data yang dapat digunakan, oleh komputer untuk memenuhi kebutuhan dalam membuat
program komputer disebut..
A. Linier B. Output C. Serial D.
Tipe Data* E.
Universal
28. Sebutkan
tipe data yang digunakan untuk menyimpan nilai berupa karakter/ huruf disebut
tipe data...
A. Boolean B.
Date
Time C.
Numerik D.
Array
E. String / Char*
30. Const Phi = 3.14 adalah contoh untuk penggunaan …
A.
Konstanta*
C. Flowchart
E. Long Int
B.
Variabel
D. Integer
31. Symbol untuk permulaan (start) atau akhir (stop)
adalah Symbol ……
A. Terminator
B.
Display C. Flow
Direction D. Processing E.
Input-output
32. Symbol yang menunjukkan pengolahan data yang
dilakukan oleh komputer adalah Symbol ……
A. Terminator
C. Flow Direction E.
Input-output
B.
Display
D. Processing
33.Dibawah ini adalah komponen utama komputer, kecuali
.........
A. Input device
B. CPU
C. Storage Device
D. Output Device
E. Tool Device
A. Input device
B. CPU
C. Storage Device
D. Output Device
E. Tool Device
34. Yang termasuk ke dalam
output device adalah….
A. Keyboard
B. CPU
C. Hardisk
d. RAM
e. Printer
A. Keyboard
B. CPU
C. Hardisk
d. RAM
e. Printer
35. Yang termasuk kedalam storage
device adalah…
A. Keyboard
B. CPU
C. Hardisk
D. RAM
E. Printer
A. Keyboard
B. CPU
C. Hardisk
D. RAM
E. Printer
36. Dibawah ini adalah
beberapa contoh bahasa program Komputer, kecuali……..
A. Microsoft office
B. Turbo Pascal
C. Turbo C ++
D. Borland C++
E. Visual basic
A. Microsoft office
B. Turbo Pascal
C. Turbo C ++
D. Borland C++
E. Visual basic
37. Dibawah ini adalah
sistem computer ……….
A. Malware, software, brain ware
B. Hardware, software, brain ware
C. Software hardware malware
D. Microsoft, pascal
E. Debian linux windows
A. Malware, software, brain ware
B. Hardware, software, brain ware
C. Software hardware malware
D. Microsoft, pascal
E. Debian linux windows
38. Dibawah ini adalah
struktur dasar algoritma yang benar .........
A. Pengulangan, pemilihan, pemrosesan
B. Pengulangan, pemilihan, pemrograman
C. Pemilihan, runtunan, pemrosesan
D. Runtunan, pengulangan, pemilihan
E. Pemilihan, runtunan, pemrograman
A. Pengulangan, pemilihan, pemrosesan
B. Pengulangan, pemilihan, pemrograman
C. Pemilihan, runtunan, pemrosesan
D. Runtunan, pengulangan, pemilihan
E. Pemilihan, runtunan, pemrograman
39. Yang termasuk termasuk
ke dalam jenis algoritma pengulangan adalah……
A. While do
B. For do
C. Repeat until
D. A, B dan C Benar
E. Semua salah
A. While do
B. For do
C. Repeat until
D. A, B dan C Benar
E. Semua salah
40. Tipe data untuk bilangan
bulat pada umumnya adalah ...
A. Real
B. Integer
C. Long Integer
D. String
E. Char
A. Real
B. Integer
C. Long Integer
D. String
E. Char
41. Tipe data untuk bilangan
pecahan desimal adalah...
a. Real
b. Integer
c. Long Integer
d. String
e. Char
a. Real
b. Integer
c. Long Integer
d. String
e. Char
42. Operasi matematika untuk
perkalian di dalam program disimbolkan dengan .....
a. %
b. /
c. *
d. #
e. @
a. %
b. /
c. *
d. #
e. @
43. Fungsi di dalam pascal
untuk mencari akar kuadrat adalah.....
a. Sqr
b. Sqrt
c. Ln
d. Exp
e. Log
a. Sqr
b. Sqrt
c. Ln
d. Exp
e. Log
44. Penyelesaian masalah di
dalam algoritma harus masuk akal, dalam hal ini algoritma mempunyai sifat…..
a. Efisien
b. Efektif
c. Logis
d. Konsisten
e. Inkonsisten
a. Efisien
b. Efektif
c. Logis
d. Konsisten
e. Inkonsisten
45. Operator merupakan
simbol yang biasa dilibatkan dalam program untuk melakukan suatu operasi atau
manipulasi, berikut yang bukan merupakan penggunaan operator adalah …
a. Menjumlahkan dua nilai
b. Memberikan nilai ke suatu variabel
c. Mebandingkan kesamaan dua
nilai
d. Menginputkan suatu nilai
e. Semua jawaban benar
46. Yang bukan termasuk Jenis operator yaitu …
a. Penugasan
b. Aritmatika
c. Hubungan
d. Logika
e. Penambahan
a. &&
b. ||
c. !
d. <>
e. =
48. Yang termasuk tipe data untuk bilangan bulat adalah …
a. float
b. void
c. long
d. double
e. int
49. Contoh Bentuk Deklarasi variabel bertipe char adalah …
a. int x;
b. #define nilai 50;
c. void main()
d. char panjang,a,huruf[10];
e. #include <stdio.h>
50. Berikut ini yang termasuk operator aritmatika yaitu ….
a. *
b. /
c. %
d. +
e. Semua benar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar