Rabu, 13 September 2017

LATIHAN SOAL-SOAL ULANGAN PEMOGRAMAN DASAR

 

Pilihan Ganda Pilihlah salah satu jawaban A, B, C, D, atau E yang benar pada soal berikut:

1. Dalam menyusun suatu program,langkah pertama yang harus di lakukan adalah :
   
       A.      Membuat program
       B.      Membuat Algoritma
       C .      Membeli komputer
       D.      Proses
       E.       Mempelajari program 

2. Sebuah prosedur langkah demi langkah yang pasti untuk menyelesaikan sebuah   masalah di sebut :
  
A.      Proses
B.      Program
C.      Algoritma
D.      Step
E.       Diagram

3. Pseudocode yang di gunakan pada penulisan algoritma berupa :
  
       A.      Bahassa Inggris
       B.      Bahasa Puitis
       C.      Bahasa pemograman
       D.      Sembarang bahasa asal terstruktur
       E.       Bahasa Mesin

4. Pada pembuatan program komputer, algoritma dibuat :
          A.      Sebelum pembuatan program
          B.      Pada saat program dibuat
          C.      Sesudah pembuatan program
          D.      Pada saat verifikasi program
         E.       Pada saat di jalankan

5. Tipe data yang bisa menampung data berupa karakter atau kata – kata adalah …
           A.      Huruf
           B.      double
           C.      Integer
           D.      String
           E.       Real

6. Nama variabel berikut ini yang benar adalah …
A.     NamaGuru
B.     Alamat Guru
C.     alm gr
D.     sts/status
E.      tpt.tgl

7. Tipe data yang cocok untuk menyimpan data nama siswa adalah …
A.      Numeric
B.      Character
C.      Date/Time
D.      Array
E.       Integer

8.  Nama lain dari flowchart adalah ….
      A.  Algoritma        B.  Alur      C. Bagan alir   D. Tree           E. Diagram
9.  Tipe data yang mampu menampung banyak data dengan tipe data yang berbeda-beda adalah tipe data …
                A. Array         B. String            C. Record          D. Subrange                       E. Character

10.  Yang dimaksud dengan konstanta adalah ….
 A. Variabel yang nilainya bersifat tetap dan bisa diubah-ubah*
 B. Variabel yang nilainya bersifat tetap dan tidak bisa diubah-ubah
 C. Nilai dari suatu variabel
 D. Variabel yang selalu membutuhkan masukan/inputan dari user
 E. Variabel yang nilainya kosong

11. Jika ingin mengisi nilai pada varibel seperti foto keluarga, maka tipe data yang    
       Digunakan adalah jenis ….
 A. Gambar/image                     C. Record                              E. Char
 B.  Array                                      D. Boolean                                         

12.  Bilangan genap adalah bilangan yang jika dibagi dua, sisanya …..
         A. 4                     B. 3                   C. 2                  D. 1                  E. 0                     

13. Penulisan algoritma yang menggunakan sintaks (cara penulisan) yang  
      menyerupai bahasa pemrograman disebut …..
  A. Flowchart        B. Data flow   C. Coding   D. Pseudocode      E. Aplikasi    
             
14. Bilangan ganjil adalah bilangan yang jika dibagi dua, sisanya .….
  A. 0                     B. 1                C. 2                  D. 3                  E.                            

15.  Variabel yang nilai bersifat berubah-ubah, dapat di isi dan dikosongkan adalah ….
        A. Algoritma         B. Konstanta        C. Variabel        D. String       E. Boolean 

16.  Variabel logika yang berhubungan dengan operator OR, AND, dan NOT
       merupakan variabel dengan tipe data ….
        A. Array               B. Numerik          C. String          D. Boolean*           E. Algoritma

17.  Tipe data yang memungkinkan sebuah variabel mengandung banyak nilai dalam satu waktu dan   bersifat homogen adalah ..…
       A. Algoritma       B. Konstanta          C. Array*          D. String           E. Boolean

18. Yang menunjukkan awal dan akhir pada sebuah flowchart, adalah .....
  A. Data Flow       B. Data       C. Terminator*       D. Decision         E. Process       

19. Merupakan algoritma yang dinyatakan dalam diagram dengan bentuk-bentuk   
      tertentu, adalah pengertian dari .....
  A. Algoritma                                C. Pseudocode                 E. Konstanta 
  B. Array                                       D. Flowchart*

20. Berfungsi untuk memberi nilai awal, nilai akhir, penambahan/pengurangan suatu
       variabel counter, adalah .....
  A. Terminator                             C. Process              E. Preparation*                          
  B. Decision                                 D. Arrows


21. Bentuk belah ketupat pada diagram flowchart diberi nama .....
  A. Data Store                              C. Connector                                   E. Decision*
  B. Process                                  D. Terminator

22. Merupakan tempat menampung dan menyimpan satu atau lebih nilai, adalah
      pengertian dari …..
  A. Variabel*        B. Konstanta       C. Numerik          D. String        E. Boolean                       

23. Merupakan tipe data yang biasa di proses dalam perhitungan matematika,  
      adalah pengertian …..
  A. Variabel          B. Konstanta       C. Numerik          D. String        E. Boolean

24. Dibawah ini aturan-aturan dalam penulisan variabel, kecuali …..
       A. Nama variabel tidak boleh menggunakan kata-kata kunci
       B. Nama variabel tidak boleh mengandung karakter-karakter khusus
       C. Nama variabel harus diawali dengan angka*
       D. Nama variabel harus diawali dengan huruf
       E. Tidak boleh menggunakan spasi

25. Tipe data yang cocok untuk menjelaskan data tanggal lahir adalah  menggunakan tipe data …..
A. Numeric                                 C. Date time*                         E. Integer
B. Varchar                                  D. Array

26. Algoritma harus dapat dijangkau oleh akal fikiran kita. Hal ini menyatakan bahwa algoritma harus memiliki sifat ...
       A. Cepat      B. Rumit      C. Logis*      D. Berurutan       E. Realistis

27.Jenis data yang dapat digunakan, oleh komputer untuk memenuhi kebutuhan dalam membuat program komputer disebut..
      A. Linier                           B. Output                           C. Serial               D. Tipe Data*                     E. Universal

28. Sebutkan tipe data yang digunakan untuk menyimpan nilai berupa karakter/ huruf disebut tipe data...
      A. Boolean               B. Date Time                C. Numerik      D. Array                  E. String / Char*

30. Const Phi = 3.14 adalah contoh untuk penggunaan …
       A. Konstanta*                            C. Flowchart                         E. Long Int
       B. Variabel                                  D. Integer

31. Symbol untuk permulaan (start) atau akhir (stop) adalah Symbol ……
                A. Terminator              B. Display                   C. Flow Direction       D. Processing  E. Input-output        

32. Symbol yang menunjukkan pengolahan data yang dilakukan oleh komputer adalah Symbol ……
                                A. Terminator               C. Flow Direction        E. Input-output        
                                B. Display                     D. Processing
33.Dibawah ini adalah komponen utama komputer, kecuali .........
                A. Input device
                B. CPU
                C. Storage Device
                D. Output Device
                E. Tool Device


34. Yang termasuk ke dalam output device adalah….
A. Keyboard
B. CPU
C. Hardisk
d. RAM
e. Printer

35. Yang termasuk kedalam storage device adalah…
A. Keyboard
B. CPU
C. Hardisk
D. RAM
E. Printer

36. Dibawah ini adalah beberapa contoh bahasa program Komputer, kecuali……..
A. Microsoft office
B. Turbo Pascal
C.  Turbo C ++
D.  Borland  C++
E. Visual basic

37. Dibawah ini adalah sistem computer ……….
A. Malware, software, brain ware
B. Hardware, software, brain ware
C. Software hardware malware
D. Microsoft, pascal
E. Debian linux windows

38. Dibawah ini adalah struktur dasar algoritma yang benar .........
A. Pengulangan, pemilihan, pemrosesan
B. Pengulangan, pemilihan, pemrograman
C. Pemilihan, runtunan, pemrosesan
D. Runtunan, pengulangan, pemilihan
E. Pemilihan, runtunan, pemrograman

39. Yang termasuk termasuk ke dalam jenis algoritma pengulangan adalah……
A. While do
B. For do
C. Repeat until
D. A, B dan C Benar
E. Semua salah

40. Tipe data untuk bilangan bulat pada umumnya adalah ...
A. Real
B. Integer
C. Long Integer
D. String
E. Char
 
41. Tipe data untuk bilangan pecahan desimal adalah...
a. Real
b. Integer
c. Long Integer
d. String
e. Char

42. Operasi matematika untuk perkalian di dalam program disimbolkan dengan .....
a. %
b. /
c. *
d. #
e. @

43. Fungsi di dalam pascal untuk mencari akar kuadrat adalah.....
a. Sqr
b. Sqrt
c. Ln
d. Exp
e. Log

44. Penyelesaian masalah di dalam algoritma harus masuk akal, dalam hal ini algoritma mempunyai sifat…..
a. Efisien
b. Efektif
c. Logis
d. Konsisten
e. Inkonsisten

45. Operator merupakan simbol yang biasa dilibatkan dalam program untuk melakukan suatu operasi atau manipulasi, berikut yang bukan merupakan penggunaan operator adalah …
a. Menjumlahkan dua nilai
b. Memberikan nilai ke suatu variabel
c. Mebandingkan kesamaan dua nilai
d. Menginputkan suatu nilai
e. Semua jawaban benar
 46. Yang bukan termasuk Jenis operator yaitu …
a. Penugasan
b. Aritmatika
c. Hubungan
d. Logika
e. Penambahan


 47. Operator Logika yang menyatakan “atau” dalam lambang berikut ini adalah …
a. &&
b. ||
c. !
d. <>
e. =
 48. Yang termasuk tipe data untuk bilangan bulat adalah …
a. float
b. void
c. long
d. double
e. int
 49. Contoh Bentuk Deklarasi variabel bertipe char adalah …
a. int x;
b. #define nilai 50;
c. void main()
d. char panjang,a,huruf[10];
e. #include <stdio.h>
 50. Berikut ini yang termasuk operator aritmatika yaitu ….
a. *
b. /
c. %
d. +
e. Semua benar

Tidak ada komentar: